F Cara Bersihkan Sensor Kamera Digital dan Lensa Kamera DSLR Dengan Benar Tepat | Helopedia.com

Cara Bersihkan Sensor Kamera Digital dan Lensa Kamera DSLR Dengan Benar Tepat

Cara Bersihkan Sensor Kamera Digital dan Lensa Kamera DSLR Dengan Benar Tepat -Cara Bersihkan Sensor Kamera Digital dan Lensa Kamera Digital DSLR Dengan Benar. Anda memiliki Kamera Digital DSLR, bagaimana langkah terbaik bersihkan sensor dan lensa Kamera Digital DSLR sehingga Kamera Digital Anda awet dan mampu digunakan bersama dengan nyaman? Tentu saja perawatan Kamera Digital mesti diperhatikan, jangan cuma pakai saja.

Kamera Digital DSLR adalah Kamera Digital yang memiliki satu lensa, Kamera Digital ini mermanfaatkan cermin yang digunakan untuk mengarahkan sinar yang berasal berasal dari lensa menuju ke viewfinder. Jika Anda memiliki Kamera Digital, baik Kamera Digital DSLR ataupun Kamera Digital lainnya, Anda terhitung mesti tau apa saja bagian-bagian Kamera Digital tersebut. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda selagi memelihara dan bersihkan sensor Kamera Digital DSLR dan komponen-komponennya.

Beberapa komponen berasal dari Kamera Digital DSLR diantaranya adalah lensa, reflex mirror, sensor, lensa condenser, layar fokus, viewfinder, shutter dan pentaprisma. Pada umumnya, bagian Kamera Digital DSLR yang rawan kerusakan adalah sensor Kamera Digital. Debu adalah salah satu penyebab lensa punya masalah lebih-lebih lensa mampu mengalami kerusakan gara-gara debu.

Kadang kita mendapati hasil foto bersama dengan spot gelap. Jika sebagian hasil foto terdapat spot gelap terhadap area yang sama maka sensor Kamera Digital DSLR Anda terdapat debu yang menempel disana. Debu mampu masuk terhadap sensor Kamera Digital merupakan perihal yang lumrah kecuali Kamera Digital yang Anda memiliki tersebut sudah berumur lama. Debu masuk terhadap sensor Kamera Digital mampu gara-gara putaran lensa dan serpihan debu yang menempel terhadap lensa jatuh terhadap sensor.

Jika Kamera Digital kita memiliki lebih berasal dari satu lensa, selagi kita mengganti lensa, mampu saja debu masuk selagi mengganti lensa tersebut. Debu sebenarnya tidak tetap cuma mengotori sensor Kamera Digital, tetapi ada sebagian bagian berasal dari Kamera Digital DSLR lainnya yang terhitung mampu kotor gara-gara debu. Namun, bagian Kamera Digital DSLR yang mudah punya masalah bersama dengan debu adalah sensornya.

Jika sensor terkena debu maka debu tersebut akan nampak dan nampak terhadap foto atau gambar yang dihasilkan. Foto yang dihasilkan kecuali sensor Kamera Digital terkena debu adalah terdapatnya partikel debu yang nampak di area yang sama. Jika kita mengidamkan mengetahui apakah sensor Kamera Digital terdapat debu atau tidak, kita mampu mengamati foto yang dihasilkan Kamera Digital tersebut.


  • Bagaimana debu masuk sampai ke sensor Kamera Digital?

Debu terhadap sensor Kamera Digital adalah perihal yang biasa berjalan kecuali anda sudah lama memiliki Kamera Digital. Bagaimana debu mampu sampai menempel terhadap sensor Kamera Digital? Ada sebagian penyebab debu mampu masuk ke sensor Kamera Digital:

Mekanisme lensa yang berputar selagi zooming dan focusing. Saat berputar debu yang menempel di lensa mampu tersedot jatuh ke sensor Kamera Digital.
Karena putaran terhadap poin diatas bermakna dua elemen bergesekan, mampu menjadi nampak serpihan dan serpihan tersebut jatuh ke sensor.
Kalau kita memiliki lebih berasal dari satu lensa, debu bisa saja masuk selagi proses mengganti lensa. Untuk menghindarinya, baca langkah mengganti lensa bersama dengan aman.

  • Bagaimana langkah mendeteksi debu di Sensor Kamera Digital?


  1. Set Kamera Digital di posisi Aperture Priority
  2. Set metering mode di posisi Matrix/Evaluative Metering
  3. Set ISO di posisi terkecil 100 atau 200
  4. Matikan Auto ISO
  5. Matikan Autofokus dan posisikan lensa di Manual Focus
  6. Set Aperture di posisi terkecil, perumpamaan f/16 atau f/22

Keluarlah berasal dari tempat tinggal dan coba foto langit, lebih-lebih kecuali langit sedang berwarna biru cerah. Kalau tidak memungkinkan, cari kertas putih lantas zoom out sampai kertas memenuhi semua frame lantas ambil foto.
Sekarang amati hasil foto di LCD Kamera Digital atau monitor computer kecuali anda sudah memindahkannya ke komputer, zoom sebesar-besarya lantas scroll pelan-pelan, naik-kan kontras kecuali perlu
Jika anda tidak mampu memandang kotoran layaknya terhadap perumpamaan foto diatas bermakna aman.


  • Bagaimana langkah bersihkan sensor Kamera Digital DSRL bersama dengan benar?


  1. Jika sebenarnya sensor Kamera Digital DSLR Anda terdapat debu, maka Anda mampu membersihkannya sendiri. Berikut sebagian Cara bersihkan sensor Kamera Digital dan lensa Kamera Digital DSLR berasal dari debu yang menempel bersama dengan baik dan benar.
  2. Pilih Setup Menu kemudian pakai fitur clean image sensor (sensor cleaning) yang terdapat terhadap Kamera Digital.
  3. Deteksi apakah terdapat debu terhadap sensor, kecuali Anda mendapati debu terhadap sensor maka langsung bersihkan debu bersama dengan langkah di bawah ini.
  4. Set Kamera Digital terhadap mode cleaning, setelah itu pilihlah Lock mirror up for cleaning sehingga sensor terbuka gara-gara mirror Kamera Digital terangkat. Gunakan blower untuk meniup debu yang terdapat terhadap sensor dan semprotlah pelan-pelan.
  5. Warning: Jangan dulu semprot bagian Kamera Digital bersama dengan mulut, dan jangan coba-coba menyentuh sensor Kamera Digital bersama dengan jari/alat lain. Cukup  bersama dengan blower saja)


  • Bagimana langkah mencegah debu masuk ke sensor Kamera Digital?

Setelah debu mampu dibersihkan bersama dengan langkah bersihkan sensor Kamera Digital dan lensa Kamera Digital DSLR bersama dengan benar diatas, Anda mampu mencegah debu masuk terhadap sensor Kamera Digital bersama dengan langkah di bawah ini:


  1. Sebelum mengganti lensa, matikan Kamera Digital
  2. Hindari lubang mounting Kamera Digital terbuka lama, lebih-lebih selagi menganti lensa
  3. Hindari area berdebu selagi menganti lensa
  4. Usahakan body cap maupun lens cap tetap bersih berasal dari debu


  • Tips langkah memelihara Lensa Kamera Digital DSLR sehingga lebih awet

Cara membersihakan Lensa Kamera Digital DSLR Dengan Benar
Lensa Kamera Digital DSLR
Nah dan yang terkahir adalah Tips langkah memelihara Lensa Kamera Digital DSLR sehingga lebih awet. Kamera Digital digital DSRL layaknya halnya barang elektronik costumer lainnya, membutuhkan perawatan ekstra. Mereka memiliki komponen peka yang mudah rusak kecuali kita teledor memegangnya. Berikut sebagian langkah mudah sehingga lensa Kamera Digital DSRL anda lebih awet:


  • Selalu jaga kebersihan lensa. Saat bersihkan lensa, jangan langsung semprotkan cairan pembersih ke lensa, semprotkan dulu ke lap microfiber sedikit saja lantas baru oleskan lap microfiber tersebut ke lensa. Anda mampu membeli lap microfiber di swalayan besar.
  • Kandungan garam dilaut berupa korosif bagi komponen logam yang ada di di dalam Kamera Digital maupun lensa Kamera Digital, sehingga berpotensi menghasilkan karat. Setelah memotret di dekat laut, bersihkan Kamera Digital bersama dengan lap yang sedikit dibasahi untuk menghalau sisa garam yang menempel di Kamera Digital, sedikit saja jangan benar-benar banyak. Setelah itu lap lagi bersama dengan lap sampai benar-benar kering.
  • Kamera Digital dan lensa Kamera Digital memiliki bagian bergerak layaknya tombol, dial, engsel pintu batere dan memory card, focusing ring dan putaran zoom lensa. Kalau ada yang macet jangan diputar atau diakses bersama dengan paksa. Kalau sebenarnya tidak paham, bawa ke kawan yang mengetahui atau bawa ke service center. Kalau dipaksa mampu menjadi ada bagian yang patah.

Baca tips mengganti lensa DSLR selagi anda memotret diluar ruangan untuk meminimalkan efek kemasukan debu.

Baca Juga :
  1. Daftar Harga Kamera Digital Casio Murah 1 Jutaan 2018
  2. Daftar Harga Kamera Digital Olympus Terbaru Lengkap
  3. Daftar Harga Kamera Digital dibawah 2 juta Terbaru
  4. Daftar Harga Kamera Pocket Samsung Murah Dibawah 1 Juta Terbaru
  5. Daftar Kamera DLSR Terbaru Termurah di Indonesia
Dengan Cara bersihkan sensor Kamera Digital dan lensa Kamera Digital DSLR bersama dengan benar di atas, Anda mampu memelihara sensor Kamera Digital tetap bersih berasal dari debu. Sedikit saja debu masuk terhadap sensor Kamera Digital maka foto yang dihasilkan menjadi kurang sempurna.

helopedia Updated at: 20.13
close
==Close==