F Bentuk dan Jenis Memory Card Yang Cocok Untuk Kamera DSLR | Helopedia.com

Bentuk dan Jenis Memory Card Yang Cocok Untuk Kamera DSLR

Bentuk dan Jenis Memory Card Yang Cocok Untuk Kamera DSLR Canon atau nikon - Ketika kalian pertama kali miliki sebiah kamera DSLR pastinya tetap banyak hal atau bagain kamera yang belum kalian ketahui, salah satunya memory card. Memory card merupakan suatu hal yang terlalu berarti pada sebuah kamera digital apapun itu style dan mereknya. Apa itu memory card? Memory card adalah sebuah alat atau perangkat yang berfaedah untuk menampung knowledge digital dalam hal ini yaitu gambar atau foto. Jadi kalau kalian miliki kamera DSLR tapi tidak tersedia memorynya, foto hasil jepretan tersebut tidak dapat tersimpan. Biasanya nampak keterangan “insert memory card” (disuruh memasukkan kartu memori ke dalam kamera).

Jenis memory card yang cocok atau yang cocok untuk kamera DSLR adalah style SD Card atau lebih tepatnya SDHC. kendati tersedia style memory lainnya layaknya MMC, SDXC, CF, XD Picture dan Stick Duo
Jenis memory card yang cocok atau yang cocok untuk kamera DSLR adalah style SD Card atau lebih tepatnya SDHC. kendati tersedia style memory lainnya layaknya MMC, SDXC, CF, XD Picture dan Stick Duo


Memory card miliki beberapa style dan masing – masing miliki wujud yang berbeda, dari yang kecil hingga yang besar. Berikut aku jelaskan sedikit mengenai bentuknya :

  • SD Card

Memiliki wujud yang paling besar di antara yang lainnya. SD Card merupakan style memory card yang petama kali dikenal oleh penduduk pengguna handphone. Arti Mungkin kalian dulu ingat saat booming ponsel Nokia 6600 atau style Nokia yang lain. Gadget tersebut memanfaatkan SD Card sebagai daerah menampung data, baik itu lagu (mp3) foto, video dan lain sebagainya. Memory ini miliki ukuran 32 x 24 x 2 mm bersama dengan berat 2 grm. Kapasitas penyimpanannya hanya 8 MB - 4 GB bersama dengan format FAT16.

  • MiniSD

Bentuknya lebih kecil dari SD Card (middle) dan umumnya digunakan juga pada handphone yang memadai canggih pada era itu, andaikata pada Nokia N90. Fungsinya juga mirip sama layaknya SD Card hanya berbeda di bentuknya dan kapasitasnya. Ukuran memory ini 21 x 21,5 mm bersama dengan kapasitas memory meraih 64 GB apalagi 128 GB.

  • MicroSD

Jenis memory ini merupakan style yang booming pada kala ini, miliki wujud yang terlalu kecil dibandingkan SD Card dan MiniSD. memory ini hanya miliki ukuran 11 x 15 x 1mm. MicroSD saat ini ini digunakan pada bermacam macam gadget layaknya Tablet dan Smartphone. Memiliki wujud yang terlalu simple, efisien, tidak memerlukan daerah yang besar. Selain itu saat ini ini banyak dijual adaptor (rumah memory card). Adaptor ini bentuknya layaknya SD Card dan MiniSD, artinya kalau kalian miliki MicroSD dan butuh MiniSD atau MMC kalian tinggal memasukkannya ke dalam adaptor tersebut, tidak usah repot – repot belanja memory baru. Kapasitas yang ditawarkan MicroSD meraih 128 GB.

Setelah kita menyadari wujud - wujud memory, saat ini kita perlu mengenal jenisnya juga. Jenis ini biasa tertulis pada anggota cover memory card. Langsung saja aku jelaskan :

  • SD (Secure Digital)

Jenis memory card yang paling lazim dan telah dikenal sejak lama oleh penduduk layaknya yang aku jelaskan di atas (SD Card). Memory ini kompatibel bersama dengan hampir seluruh style kamera digital.


  • SDHC (Secure Digital High Capacity)

Sebenarnya bentuknya mirip sama bersama dengan SD, tapi yang membedakan adalah kapasitas penyimpanannya yang meraih 32 GB. Jenis memory ini yang paling sering dan cocok digunakan untuk kamera digital keluaran baru. Namun barangkali tidak cocok digunakan pada kamera digital style lama.

  • SDXC (Secure Digital Xtra Capacity)

Ini juga juga SD Card tapi bersama dengan kapasitas yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi dalam produksi data. Kapasitas penyimpanan memory ini meraih 2 TB (2000 GB). Apabila digunakan kedalam kamera digital barangkali besar tidak support dan tidak terbaca. Hanya komputer spesifik saja yang dapat membaca format exFAT pada memory ini.

  • CF (Compact Flash)

Jenis memory ini menawarkan kapsitas penyimpanan yang terlalu besar dan kala proses knowledge yang terlalu cepat. Pada th. 2010, Canon menentukan style memory ini sebagai ruang penyimpanan kamera DSLR canggihnya yang diperuntukkan bagi para fotografer profesional. Memory ini dapat menyimpan hasil rekaman video bersama dengan mutu HD (High Definition).

  • XD Picture (Xtrem Digital)

Memory ini memanfaatkan fomat Fujifilm dan digunakan pada beberapa kamera Fuji dan Olympus (model lama) kendati style kamera paling baru mereka kala ini kompatibel bersama dengan SD/SDHC.

  • Memory Stick Duo

Jenis ini merupakan memory yang digunakan pada kamera Sony dan juga handphone Sony keluaran lama. Ukuran memory ini lebih besar dari SD Card.

  • MMC (Multi Media Card)

Secara wujud mirip sama denga SD Card, tapi tanpa kunci dibagian samping memory. baisanya berwarna kuning. Jenis memory ini dapat dikatakan memory pertama kali yang digunakan pada perangkat digital. Kapasitas penyimpanan yang rendah dan juga kecepatannya yang terlalu lampat dalam mentransfer data.

Baca Juga :
  1. Daftar Harga Kamera Digital Casio Murah 1 Jutaan 2018
  2. Daftar Harga Kamera Digital Olympus Terbaru Lengkap
  3. Daftar Harga Kamera Digital dibawah 2 juta Terbaru
  4. Daftar Harga Kamera Pocket Samsung Murah Dibawah 1 Juta Terbaru
  5. Daftar Kamera DLSR Terbaru Termurah di Indonesia

Lalu style memory card layaknya apa yang digunakan pada kamera DSLR?
Jawabannya telah jelas, SDHC. Apalagi kalau kalian miliki kamera DSLR yang tergolong bukan profesional. Saya sendiri memanfaatkan style SDHC pada kamera DSLR yang aku miliki sekak era kuliah dan tetap awet hingga sekarang. Semoga pembahasan kali ini dapat berfaedah buat kalian seluruh yang bingung menentukan style memory card yang cocok untuk kamera DSLR. Terima kasih.

helopedia Updated at: 20.42
close
==Close==